Selasa, 27 April 2021

 Ketika mendengar Bali, yang terlintas dalam benak kita pasti kebanyakan dari mereka beragama Hindu. Tapi kenapa ada pasar Ramadhan di Bali ?

Jadi, di beberapa kabupaten di Bali tersebar perkampungan dengan mayoritas penduduk non Hindu seperti Islam dan Kristen. Perkampungan Kristen di Bali terdapat di Buduk, Dalung, Tangeb yang terdapat di Kabupaten Badung serta Palasari dan Blimbingsari yang terdapat di Kabupaten Jembrana. Sedangkan perkampungan dengan mayoritas penduduk beragama Islam terdapat hampir di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu kampung Islam di Bali adalah Kampung Jawa yang terletak di Dusun Wanasari.

Kampung Jawa Denpasar juga memiliki masjid yang menjadi tempat beribadah para muslim. Masjid utama yang bisa dijumpai di kawasan ini bernama Masjid Baitur Rahman. Masjid ini juga telah berusia sangat tua, berdiri sejak tahun 1926. Dan disinilah lokasi aktivitas Pasar Ramadhan.

Sebelumnya pada Ramadhan 2020 Pasar Ramadhan di Kampung Jawa, Denpasar, Bali  ditiadakan karena pada saat itu virus covid-19 sedang merebak.

Namun, pada Ramadhan tahun ini Pasar Ramadhan kembali dibuka dikarenakan permintaan dari warga Wanasari, Denpasar yang sudah kehilangan penghasilan selama setahun.

Seperti pasar Ramadhan pada umumnya, di Pasar Ramadhan Kampung Jawa juga aada berbagai jajanan pasar, berbagai jenis sate, minuman, dan berbagai jenis lauk pauk semua dijual di sini.


0 komentar:

Posting Komentar